web counter Kisaran Biaya Kuliah di Amerika Serikat: Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta - Biaya Kuliah TA 2024/2025
News Update
Loading...
-->

Header Ads

Kisaran Biaya Kuliah di Amerika Serikat: Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta

Jika kamu yang sangat mementingkan pendidikan, menempuh kuliah di luar negeri pasti sudah menjadi bagian dari cita-cita yang harus diwujudkan. Ada banyak negara di luar sana yang bisa Anda tuju untuk memenuhi impian Anda. Namun, jika Anda termasuk orang yang menyukai tantangan dan menginginkan taraf pendidikan yang baik, Anda bisa mencoba melanjutkan kuliah ke Amerika Serikat. Namun, biaya yang harus dikeluarkan memang tidak bisa dikatakan sedikit.


Gambar : Ilustrasi Mahasiswi Kuliah di Amerika Serikat

Di AS, ada banyak universitas besar dengan program-program pendidikan terbaik baik untuk magister maupun doktoral. Namun, seperti yang sudah banyak Anda dengar, biaya hidup dan kuliah di AS memang cukup mahal. Bahkan, kabarnya biaya hidup di sana jauh lebih mahal ketimbang biaya hidup di Jakarta.

Namun jika kamu ingin lebih menghemat pengeluaran, Kamu bisa memilih kampus yang menyediakan sarana akomodasi berupa asrama untuk para mahasiswa yang berkuliah di sana. Contohnya saja seperti Cornell University, Pennsylvania State University, dan masih banyak lagi kampus lainnya. Anda juga bisa menggunakan kamar sharing agar pengeluaran bulanan untuk kamar asrama bisa Anda bagi berdua dengan teman sekamar.

Biaya kuliah, sangat bervariasi. Tentu saja jika Anda bersekolah di universitas swasta, maka biaya kuliah yang dikenakan akan lebih mahal dibandingkan institusi milik pemerintahan. Sebagai gambaran, biaya kuliah di AS sana mulai Rp50 jutaan hingga Rp500 jutaan dan itu masih belum termasuk dengan biaya buku, tempat tinggal, termasuk kebutuhan pribadi.

Jika ingin lebih hemat, Anda bisa memilih naik transportasi umum seperti kereta atau bus lokal. Kemudian, untuk urusan makan, biasanya resto-resto fast food di Amerika sana kerap menawarkan paket makanan dengan harga murah. Namun ingat, jangan terlalu sering makan makanan cepat saji. Berikut ini info lengkap kisaran biaya kuliah dan biaya hidup di negara Amerika Serikat.

Biaya Kuliah di Amerika Serikat

Biaya kuliah di Amerika Serikat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk jenis perguruan tinggi, lokasi, program studi, dan apakah Anda merupakan mahasiswa dalam negeri atau internasional. Berikut adalah perkiraan kisaran biaya kuliah di Amerika Serikat:
  • Biaya kuliah tahunan untuk perguruan tinggi atau universitas negeri (in-state): Kisaran $10.000 hingga $25.000.
  • Biaya kuliah tahunan untuk perguruan tinggi atau universitas negeri (out-of-state): Kisaran $25.000 hingga $50.000 atau lebih.
  • Biaya kuliah tahunan untuk perguruan tinggi atau universitas swasta: Kisaran $35.000 hingga $75.000 atau lebih. Beberapa perguruan tinggi swasta bergengsi dapat memiliki biaya kuliah yang lebih tinggi dari kisaran ini.
Perlu dicatat bahwa biaya kuliah hanya merupakan salah satu aspek dari total biaya pendidikan di Amerika Serikat. Biaya hidup, seperti akomodasi, makan, transportasi, dan buku juga harus dipertimbangkan. Secara umum, perkiraan biaya hidup tahunan untuk mahasiswa di Amerika Serikat adalah sekitar $10.000 hingga $20.000.

Namun, biaya kuliah dan biaya hidup di Amerika Serikat dapat berbeda secara signifikan antara satu wilayah dengan wilayah lainnya. Biaya kuliah di perguruan tinggi bergengsi atau di kota-kota besar seperti New York atau California cenderung lebih tinggi daripada di daerah yang lebih terpencil.

Penting untuk melakukan riset yang cermat dan menghubungi perguruan tinggi atau universitas tertentu untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat dan terbaru tentang biaya kuliah mereka, termasuk kemungkinan tersedianya beasiswa atau bantuan keuangan lainnya.
Theme images by sebastian-julian. Powered by Blogger.