web counter BIAYA KULIAH UNIVERSITAS PENDIDIKAN MANDALIKA (UNDIKMA) 2024/2025 - Biaya Kuliah TA 2024/2025
News Update
Loading...
-->

Header Ads

BIAYA KULIAH UNIVERSITAS PENDIDIKAN MANDALIKA (UNDIKMA) 2024/2025

Biaya Kuliah Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA) Mataram - Universitas Pendidikan Mandalika pada mulanya bernama IKIP Mataram, didirikan pada tanggal 1 April 1967 atas Restu Panca Tunggal Nusa Tenggara Barat (sekaran Pemprov). Kemudian ditindaklanjuti pendirian Yayasan Pembina Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram dengan Akte Pendirian Nomor: 6 Tanggal 13 Juli 1968 yang selanjutnya dilakukan perubahan nomor dan tanggal, yaitu Nomor: 62 Tangga 21 Mei 1968.

UNDIKMA
Gambar : Universitas Pendidikan Mandalika

Sejak tanggal 1 Juli 1968, IKIP Mataram berstatus Terdaftar berdasarkan atas SK Direktorat Pendidikan Tinggi c.q. Dinas Perguruan Tinggi Swasta/Kedinasan Pusat Nomor: 171/PT/III/1968 tanggal 29 Juli 1969. Saat itu IKIP Mataram memiliki 3 (tiga) Fakultas, yaitu: (1) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dengan memiliki satu Jurusan Pendidikan Umum, (2) Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta (FKIE) terdiri atas satu Jurusan Ilmu Pasti Alam, (3) Fakultas Keguruan Sastra Seni (FKSS) terdiri atas satu Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris. Pada tahun 1974, FKIE dan FKSS ditutup sementara karena keterbatasan mahasiswa dan selanjutnya dibuka kembali pada tahun 1980. Pada tahun 1975, FIP berkembang pesat dan dibuka jurusan baru, yaitu: (1) Jurusan Bimbingan dan Konseling dengna Status Terdaftar dari Kopertis Wilayah VI Nomor 89 A/5/1976 tanggal 17 Mei 1976, (2) Jurusan Administrasi Pendidikan (tahun 1978), dan (3) Jurusan Pendidikan Sosial (tahun 1979). Pada tahun 1980 FKIE memiliki Jurusan Pendidikan Biologi dan FKSS memiliki Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang diaktifkan kembali melalui Surat Kopertis Wilayah VI tanggal 6 Agustus 1980 Nomor: 469/i-a/KPT-6/1980. Dengan surat yang sama, berdiri Fakultas Keguruan dan Ilmu Keolahragaan (FKIK) dengan memiliki satu Jurusan Pendidikan Olahraga.

Berdasarkan SK Mendikbud tanggal 29 Nopember 1984 Nomor: 0603/0/1984 Tentang Penyesuaian Jalur, Jenjang dan Program Pendidikan dan Penataan Kembali Nama Unit, Jurusan, Program Studi, Status Terdaftar Pada Perguruan Tinggi Swasta dalam Lingkungan Kopertis Wilayah VIII, maka IKIP Mataram memiliki 4 (empat) Fakultas dan 7 (tujuh) Jurusan dengan Status Terdaftar, yaitu:

a. Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP):

  • Jurusan Pendidikan Umum (PU) Program S1
  • Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan (BP) Program S1 dan D3
  • Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) Program S1
  • Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Program S1

b. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA):

  • Jurusan Pendidikan Biologi Program S1 dan D3

 c. Fakultas Pendidikan Olahraga (FPOK):

  • Jurusan Pendidikan Olahraga Program S1 dan D3

 d. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS):

Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Program S1 dan D3

Pada tahun 1990, IKIP Mataram memiliki 7 (tujuh) jurusan dengan Status Diakui yaitu: Jurusan Pendidikan Umum, Bimbingan dan Konseling, Administrasi Pendidikan, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Biologi, Pendidikan Olahraga dan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris.

Pada tahun 1995, sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 021/V/1995 Tentang Kurikulum Nasional Program Studi Pendidikan Sarjana Pendidikan, Jurusan di IKIP Mataram mengalami perubahan dan penyesuaian sebagai berikut.

a. Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP):

  • Kurikulum dan Teknologi Pendidikan (TP)
  • Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (PPB)
  • Administrasi Pendidikan (AP)
  • Pendidikan Luar Sekolah (PLS)

b. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA):

  • Pendidikan Biologi
  • Pendidikan Matematika

c. Fakultas Pendidikan Olah Raga (FPOK):

  • Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi

d. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS):

  • Pendidikan Bahasa Inggris.

Pada tahun 2009, Jurusan yang terdapat di IKIP Mataram adalah sebagai berikut:

a. Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP):

  • Teknologi Pendidikan (TP)
  • Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (PPB)
  • Administrasi Pendidikan (AP)
  • Pendidikan Luar Sekolah (PLS)

b. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA):

  • Pendidikan Biologi;

Pendidikan Matematika mengalami perubahan jenjang dari D3 ke S1 dengan Surat Keputusan Nomor: 71/Dikti/Kep/1998 tanggal 4 Maret 1998

Pendidikan Kimia (dibuka tahun 1998)

Pendidikan Fisika (dibuka tahun 2006) dengan Surat Ijin Penyelenggaraan Nomor: 1196/D/T/2006 tanggal 12 April 2006

c. Fakultas Pendidikan Olah Raga (FPOK):

  • Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi

d. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS):

  • Pendidikan Bahasa Inggris
  • Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris

Pada tanggal 2 Agustus 2019, Yayasan Pembina Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram berkirim surat ke Dirjen Kelembagaan Kemenristekdikti untuk mengajukan penyatuan Universitas Nusa Tenggara Barat (UNTB) yang sebelumnya dibina oleh Yayasan Sangkareang agar dapat bergabung dengan IKIP Mataram. Pada tanggal 14 Agustus 2019, Dirjen Kelembagaan melakukan visitasi serta evaluasi usul perubahan bentuk IKIP dari institut ke universitas dan pada tanggal 23 September 2019 secara yuridis Kemenristekdikti menyetujui semua Prodi yang ada di UNTB menyatu ke IKIP Mataram.

Akhirnya dengan dikeluarkannya Keputusan Kemenristekdikti No. 953/KPT/I/2019 tentang Izin Perubahan Bentuk Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram di Kota Mataram menjadi Universitas Pendidikan Mandalika di Kota Mataram Propinsi Nusa Tenggara Barat yang diselenggarakan oleh Yayasan Pembina Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram, maka secara yuridis UNDIKMA resmi berdiri.

BIAYA PENDIDIKAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN MANDALIKA

Biaya Kuliah Universitas Pendidikan Mandalika Mataram terupdate dapat lihat di website :

https://siakad.undikma.ac.id/

atau dapat langsung datang ke Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA) yang beralamat : Jl. Pemuda No.59A, Dasan Agung Baru, Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83125

Jika kalian tertarik ingin masuk ke Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA) tahun ajaran 2024/2025, silakan cek informasi biaya, jadwal pendaftaran dan persyaratan mahasiswa baru di laman PMB Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA).

Theme images by sebastian-julian. Powered by Blogger.