web counter Biaya Kuliah Universitas Sumatera Barat (UNISBAR) 2024/2025 - Biaya Kuliah TA 2024/2025
News Update
Loading...
-->

Header Ads

Biaya Kuliah Universitas Sumatera Barat (UNISBAR) 2024/2025

Biaya Kuliah Universitas Sumatera Barat (UNISBAR) 2022/2023 - Penyelenggaraan pendidikan  tinggi telah menghadapi  perubahan  situasi lingkungan kehidupan  yang  tidak  mudah  diprediksi  dan dikendalikan.  Esensi  perubahan  itu meliputi: perubahan  dari pandangan  kehidupan  masyarakat  lokal ke masyarakat  global,  dari kohesi sosial  ke  partisipasi  demokratis,   dari  government  ke  governance,  dari  state-oriented   ke society-oriented.  dan dari pertumbuhan  ekonomi ke perkembangan  kemanusiaan.  Menyikapi perubahan  situasi  tersebut,  maka  arah  pengembangan pendidikan  tinggi  memposisikan perguruan  tinggi  sebagai  tempat  pembelajaran   dan  sebagai  sumber  daya  pengetahuan. Selain itu, pendidikan  tinggi berperan dalam menanggapi  perubahan  tuntutan pasar kerja, perguruan  tinggi  sebagai  pusat kebudayaan  dan pembelajaran  terbuka  untuk semua, serta pendidikan tinggi untuk wahana kerjasama Internasional.

UNISBAR
Gambar : Universitas Sumatera Barat


Renstra merupakan kerangka acuan dalam penyelenggaraan Catur Dharma Perguruan Tinggi yang memuat arahan dan capaian serta tolok ukur keberhasilan yang berazaskan kepada kebenaran ilmiah, penalaran, kejujuran, keadilan, manfaat, kebijakan, tanggung jawab, ke bhinekaan, dan keterjangkauan. Renstra bersifat umum, namun menjadi dasar pijakan dalam penyusunan rencana-rencana operasional, rencana strategis pada tingkat Fakultas, Lembaga, Badan UPT dan unit satuan pelaksaan akademik di lingkungan Universitas Sumatera Barat.

Univeritas Sumatera Barat sebagai salah  satu  perguruan  tinggi  yang  dituntut  untuk mengikuti  perubahan  tersebut,  termasuk  perubahan  pada regulasi  yang mengatur penyelenggaraan pendidikan tinggi. Salah satu upaya untuk mengikuti  perubahan  tersebut, maka Universitas Sumatera Barat  menetapkan  Rencana Strategis (Renstra) dalam satuan rentang waktu, dan pada tahun 2021 telah dirumuskan  renstra jangka panjang periode tahun 2021-2025.

Sejarah dan Identitas Universitas Sumatera Barat.

Menyikapi tuntutan dinamika pembangunan masa kini dan masa mendatang maka Yayasan Pendidikan Sumatera Barat (YPSB) yang bergerak dibidang pendidikan mempunyai komitmen tinggi untuk mengembangkan SDM dan IPTEKS di segala bidang. Salah satu wujud komitmen Yayasan Pendidikan Sumatera Barat (YPSB) adalah rencana penggabungan 3 (tiga) perguruan tinggi swasta yaitu : 1). Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nan Tongga, 2). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sumbar, 3). Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sumatera Barat menjadi Universitas Sumatera Barat dengan penambahan Program Studi Hukum pada Program Sarjana.Komitmen pendirian dan penyelenggaraan Universitas Sumatera Barat ini merupakan langkah strategis untuk mendorong percepatan reformasi di sector sumberdaya manusia bagi masyarakat.

Pada tanggal 23 April 2021  Universitas Sumatara Barat memperoleh izin penggabungan dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  nomor : 160/E/O/2021 tanggal 23 April 2021 tentang  Izin Penggabungan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nan Tongga, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sumatera Barat, dan  Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan  Sumatera Barat menjadi Universitas Sumatera Barat.

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof. Dr. Herri, MBA didampingi Sekretaris Lembaga Yandri. A, SH, MH menyerahkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang izin penggabungan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nan Tongga, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sumatera Barat, dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sumatera Barat menjadi Universitas Sumatera Barat di ruang sidang lantai 2, Senin tanggal 20 Mei 2021.

Dalam SK Mendikbud Nomor 160/E/O/2021 tanggal 21 April 2021 disebutkan bahwa Universitas Sumatera Barat yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Sumatera Barat menyelenggarakan 10 program studi, yaitu Profesi Ners Program Profesi, Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi, Kebidanan Program Sarjana, Farmasi Program Sarjana, Ilmu Keperawatan Program Sarjana, Akuntansi Program Sarjana, Manajemen Program Sarjana, Keperawatan Program Diploma Tiga, Kebidanan Program Diploma Tiga, dan Hukum Program Sarjana.

Universitas Sumatera Barat  mengelola tiga Fakultas :

1.Fakultas Ekonomi

  • Program Studi S1 Manjemen
  • Program Studi S1 Akuntansi

2.Fakultas Ilmu Kesehatan

  • Program Studi D3 Kebidanan
  • Progam Studi S1 Kebidanan
  • Program profesi Kebidanan
  • Prgram Studi D3 Keperawatan
  • Program Studi S1 Keperawatan
  • Program Profesi Keperawatan
  • Program Studi S1 Farmasi

3.Fakultas Hukum

  • Program Studi S1 Hukum

BIAYA PENDIDIKAN UNIVERSITAS SUMATERA BARAT

Biaya Kuliah Universitas Sumatera Barat terupdate dapat lihat di website :

https://pmb.unisbar.ac.id/

atau dapat langsung datang ke Universitas Sumatera Barat (UNISBAR) yang beralamat : Jl. Kol Haji Anas Malik, Padusunan, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

Jika kalian tertarik ingin masuk ke Universitas Sumatera Barat (UNISBAR) tahun ajaran 2022/2023, silakan cek informasi biaya, jadwal pendaftaran dan persyaratan mahasiswa baru di laman PMB Universitas Sumatera Barat (UNISBAR).

Theme images by sebastian-julian. Powered by Blogger.