web counter Biaya Kuliah Universitas Perintis Indonesia (UPERTIS) 2024/2025 - Biaya Kuliah TA 2024/2025
News Update
Loading...
-->

Header Ads

Biaya Kuliah Universitas Perintis Indonesia (UPERTIS) 2024/2025

Biaya Kuliah Universitas Perintis Indonesia (UPERTIS) 2024/2025 - Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia (STIFI) Perintis Padang atau dikenal dengan STIFI Perintis Padang adalah sebuah perguruan tinggi swasta di provinsi Sumatra Barat, Indonesia tepatnya di kota Padang yang didirikan pada tahun 1997. Perguruan tinggi ini diselenggarakan oleh Yayasan Perintis Padang (YPP). Sejak Juli 2020, STIFI Perintis dan STIKES Perintis resmi bergabung menjadi Universitas Perintis Indonesia (Upertis).

Sejarah

Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia dipersiapkan pendiriannya semenjak awal tahun 1996 dengan prakarsa dari Prof. H. Syahriar Harun, Apt (alm) dan bantuan Dra. Ratna Wilis, MSi, Apt (alm) yang mendapat dukungan dari pengurus Yayasan Perintis Padang, pada waktu itu yaitu dr. Aslir Sahur, dr.Rafki Ismail, MPH (alm), Drs. Mukhlis Hajisar dan dr. Nazaruddin Bakar, MPH.

Pendirian Sekolah Tinggi Farmasi ini di dorong dengan kenyataan bahwa banyaknya calon mahasiswa Farmasi pada FMIPA Universitas Andalas yang tidak dapat tertampung. Setiap tahunnya rata-rata terdaftar 1.500 calon mahasiswa yang memilih program studi Farmasi pada FMIPA Universitas Andalas, sedangkan yang dapat ditampung pada perguruan tinggi ini hanya sebanyak 60–70 orang setiap tahunnya. Di samping itu sampai tahun 1996 di pulau Sumatra belum ada perguruan tinggi swasta untuk program studi Farmasi, walaupun di pulau Jawa sudah ada beberapa perguruan tinggi Farmasi swasta.

Upertis
Gambar : Universitas Perintis Indonesia

Rencana penyusunan proposal yang menyangkut kurikulum, staf dosen, organisasi serta fasilitas yang dibutuhkan dilakukan sepanjang tahun 1996, selanjutnya proposal yang telah disiapkan tersebut di ajukan ke Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah X. Pada awal 1997 setelah melalui pemeriksaan lapangan dan penyempurnaan proposal maka selanjutnya diteruskan ke Jakarta oleh Kopertis Wilayah X.

Pada akhir Juli 1997 keluarlah SK Menteri Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 42/D/O/1997 tanggal 18 Juli 1997 tentang pendirian Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia yang secara yuridis formal berada dibawah naungan Yayasan Perintis Padang. Selanjutnya pada awal Agustus 1997 langsung diadakan Penerimaan mahasiswa baru, yang untuk tahun ajaran 1997/1998 terpilih sebanyak 21 orang mahasiswa baru dan pada tahun ke dua diterima mahasiswa baru sebanyak 54 orang untuk tahun ajaran 1998/1999 dan pada tahun ke tiga diterima mahasiswa baru sebanyak 76 orang untuk tahun ajaran 1999/2000. Demikian pula untuk tahun 2000/2001 STIFI hanya menyanggupi menampung sebanyak 78 mahasiswa baru meskipun yang berkemungkinan masuk sekitar 150 orang. Pada tahun 2001/2002 STIFI menerima sebanyak 80 orang dan tahun 2002/2003 STIFI menerima sebanyak 60 orang dan pada tahun 2003/2004 STIFI menerima mahasiswa sebanyak 70 orang dan tahun 2004/2005 STIFI menerima mahasiswa sebanyak 70 orang.

Penyusunan rencana akademik dan organisasi Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia (STIFI) Perintis adalah mengacu kepada jurusan FMIPA Universitas Andalas yang telah berdiri semenjak tahun 1964, yang kebetulan kami sendiri yang merintisnya pada saat itu yang sekarang telah berkembang sehingga telah terakreditasi dengan predikat A plus.

Beradanya STIFI dibawah naungan Yayasan Perintis mengingat bahwa yayasan ini telah lebih dahulu bergerak dalam pendidikan tinggi yang berada dalam lingkup bidang kesehatan sedangkan tamatan Sekolah Tinggi Farmasi penyusunan rencana akademik dan organisasi Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia (STIFI) Perintis adalah mengacu kepada jurusan FMIPA Universitas Andalas yang telah berdiri semenjak tahun 1964, yang kebetulan kami sendiri yang merintisnya pada saat itu yang sekarang telah berkembang sehingga telah terakreditasi dengan predikat A plus.sebagian besar akan bekerja dalam bidang kesehatan.

Untuk tenaga pengajar tetap, ketua Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia telah mengangkat Sarjana Farmasi/Apoteker senior yang telah menyelesaikan masa baktinya pada Departemen Kesehatan dan para tamatan S1 dan S2 dari bidang program studi farmasi, disamping 3 orang dosen tetap PNSD dengan 2 diantaranya berkualifikasi S2, disamping itu sampai sekarang tercatat sebanyak 44 orang dosen Luar Biasa yang pada umumnya merupakan dosen senior (berpangkat Lektor s.d. guru besar) pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unversitas Andalas. Semua kegiatan Akademis perkuliahan dan praktikum telah dapat dilaksanakan dalam kampus STIFI sendiri, semua labor telah mempunyai peralatan yang lengkap dengan peralatan yang relatif telah memadai peralatan labor ini dari waktu ke waktu ditambah sesuai dengan kebutuhan. STIFI telah dapat mewisuda angkatan I (tahun 1997) bulan November 2001 yang lalu sebanyak 8 orang, angkatan II bulan Juni 2003 sebanyak 25 orang dan angkatan III bulan Mei 2004 sebanyak 46 orang dan angkatan IV bulan Maret 2005 sebanyak 40 orang.

BIAYA PENDIDIKAN UNIVERSITAS PERINTIS INDONESIA

Biaya Kuliah Universitas Perintis Indonesia terupdate dapat lihat di website :

https://pmbonline.upertis.ac.id/

atau dapat langsung datang ke Universitas Perintis Indonesia (UPERTIS yang beralamat : Batipuh Panjang, Koto Tangah, Padang City, West Sumatra 25586

Jika kalian tertarik ingin masuk ke Universitas Perintis Indonesia (UPERTIS) tahun ajaran 2024/2025, silakan cek informasi biaya, jadwal pendaftaran dan persyaratan mahasiswa baru di laman PMB Universitas Perintis Indonesia (UPERTIS).

Theme images by sebastian-julian. Powered by Blogger.