web counter Biaya Kuliah Universitas Megow Pak Tulang Bawang (UMPTB) 2022/2023 - Biaya Kuliah TA 2024/2025
News Update
Loading...
-->

Header Ads

Biaya Kuliah Universitas Megow Pak Tulang Bawang (UMPTB) 2022/2023

Biaya Kuliah Universitas Megow Pak Tulang Bawang (UMPTB) 2022/2023 - Universitas Megou Pak Tulang Bawang (UMPTB) merupakan perguruan tinggi swasta yang telah berdiri sejak tahun 2006. Dengan lokasi di salah satu Kabupaten di Provinsi Lampung tepatnya di Kabupaten Tulang Bawang, UMPTB saat ini tetap survive dan diakui masyarakat dan pemerintah sebagai salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia. Dalam usia yang ke-12 tahun, Universitas Megou Pak Tulang Bawang terus berupaya meningkatkan perannya di masyarakat  dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

UMPTB
Gambar : Universitas Megow Pak Tulang Bawang-


Usaha pendirian Universitas Megou Pak di Kabupaten Tulang Bawang diawali dengan niat yang luhur sesuai dengan amanat pembukaan UUD 1945 dan UUD 1945 Amandemen Pasal 31. Dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa di bidang pendidikan dan pemerataan pendidikan bagi seluruh masyarakat, untuk mengimplementasikannya maka pada hari Senin tanggal 19 Desember 2005 bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Tulang Bawang berlangsung rapat pembentukan Yayasan Megou Pak, dengan Akte Notaris Amran, S.H. Nomor: 94. Selanjutnya rapat menetapkan untuk merealisasikan pendirian Perguruan Tinggi di Kabupaten Tulang bawang bertempat di Menggala, yang diberi nama Universitas Megou Pak Tulang Bawang dan disingkat dengan nama UMPTB.

Nama Megou Pak dimunculkan atas dasar pemikiran historis bahwa masyarakat Tulang Bawang memiliki budaya adat Pepadun yang terdiri atas empat (pak) marga (megou) yaitu: marga Buay Bulan, marga Buay Tegamo an, marga Suay Umpu, dan marga Buay Aji.

Pendirian Universitas ini dimaksudkan untuk mengembalikan citra Menggala (Tulang Bawang). Ketika zaman penjajahan kolonial Belanda, Menggala terkenal sebagai pusat pendidikan dan pusat perdagangan. Sebagai pusat pendidikan karena satu-satunya sekolah di wilayah utara Provinsi Lampung, yaitu Lampung Utara terletak di Menggala dan sekarang menjadi Kabupaten Tulang Bawang, berupa sekolah HIS (Holand Indische School), siswa-siswanya berasal dari sekitar wilayah Menggala, Lampung Tengah dan Lampung Selatan. Daerah Menggala (Tulang Bawang) merupakan pusat perekonomian dan perdagangan karena adanya pelabuhan atau Dermaga Sungai Tulang Bawang di Utara Provinsi Lampung yang terhubung ke pantai Timur Samudra Indonesia, ketika itu kapal-kapal dalam dan luar negeri masuk melalui sungai Tulang Bawang, hal ini menjadikan Menggala sebagai sentral perekonomian bagi wilayah utara Lampung.

Perjuangan para tokoh masyarakat, tokoh pendidikan, dan pemerintah daerah Kabupaten Tulang Bawang akhirnya membuahkan hasil dengan keluarnya keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 252/D/O/2006 Tentang Alih Kelola, Perubahan Nama dan Pindah Lokasi Universitas Dirgantara Indonesia (UDI) yang diselenggarakan oleh Yayasan Pusat Pelatihan Keterampilan Profesional di Yogyakarta menjadi Universitas Megou Pak Tulang Bawang di Menggala yang di selenggarakan oleh Yayasan Megou Pak di Menggala. Sejak berdiri tahun 2006, UMPTB telah dipimpin oleh 4 orang rektor yaitu; Dr. Iwan Dulmansyah, S.KM., M.S. (2006-Plt. Rektor), Ir. Dewangga Nikmatullah (2007-Plt. Rektor), Dr. Ratu Betta R. Caropeboka (2007-2013), dan Dr. Agus Marzuki, S.H., M.Hum. (2014-skrg).

Dasar hukum pendirian UMPTB adalah sebagai berikut:

  • Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945
  • Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
  • Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 1990 tentang Pendidikan Tinggi;
  • Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 1992 tentang Tenaga Kependidikan;
  • Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0686/O/1991 tentang Pedoman Pendirian Perguruan Tinggi;
  • Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Nasional Pendidikan Tinggi;
  • SK Mendiknas No. 252/D/O/2006 Tentang Alih Kelola, Perubahan Nama dan Pindah Lokasi Universitas Dirgantara Indonesia (UDI) yang diselenggarakan oleh Yayasan Pusat Pelatihan Keterampilan Profesional di Yogyakarta menjadi UMPTB di Menggala.
  • Perda Kabupaten Tulang Bawang No. 12 tahun 2008 tentang Pengelolaan Universitas Megou Pak Tulang Bawang.
  • Statuta Universitas Megou Pak Tulang Bawang.

BIAYA PENDIDIKAN UNIVERSITAS MEGOK PAK TULANG BAWANG

Biaya Kuliah Universitas Megow Pak Tulang Bawang terupdate dapat lihat di website :

http://umptuba.ac.id/

atau dapat langsung datang ke Universitas Megow Pak Tulang Bawang (UMPTB) yang beralamat : Jl. Lintas Sumatra No.1, Tiuh Tohou, Kec. Menggala, Kab. Tulang Bawang, Lampung 34614.

Jika kalian tertarik ingin masuk ke Universitas Megow Pak Tulang Bawang (UMPTB) tahun ajaran 2022/2023, silakan cek informasi biaya, jadwal pendaftaran dan persyaratan mahasiswa baru di laman PMB Universitas Megow Pak Tulang Bawang (UMPTB).

Theme images by sebastian-julian. Powered by Blogger.