web counter Biaya Kuliah Universitas Graha Nusantara (UGN) 2023/2024 - Biaya Kuliah TA 2024/2025
News Update
Loading...
-->

Header Ads

Biaya Kuliah Universitas Graha Nusantara (UGN) 2023/2024

Biaya Kuliah Universitas Graha Nusantara (UGN) 2023/2024 - Kehadiran UU N0.22 Tahun  1961 telah memacu Pemerintah dan masyrakat untuk mendidirikan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Demkian yang terjadi di Kresidenan Tapanuli yakni sekitar tahun 1961 tercetus gagasan untuk mewujudkan pendirian perguruan tinggi.Dengan dipelopori oleh Residen Tapanuli “Raja Patuan Natigor “ dan sekretaris Kresidenan “Sutan Singengu”, maka terbentuk suatu Yayasan untuk mendidrikan satu Perguruan Tinggi bernama Universitas Tapanuli (UNITA) pada tanggal 23 februari 1961.Universitas ini terpencar di tiga Kabupaten di Tapanuli yakni :

  • Di Kabupaten Tapanuli Selatan berdiri Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan Fakultas Hukum  di Padangsidimpuan.
  • Di Kabupaten Tapanuli Tengah berdiri Fakultas Ekonomi di Kota Sibolga.
  • Di Kabupaten Tapanuli Utara berdiri Fakultas Kedokteran di Kota Tarutung.

Dalam perkembangan selanjutnya Pemerintah bersama-sama dengan masyarakat berusaha menegerikan empat Fakultas tersebut. Melalui kebijakan Pemerintah lewat Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan DR.Syarif Thayeb, maka Fakultas Hukum ditetapkan menjadi Fakultas Hukum Cabang USU. Setelah meluluskan beberapa puluh Sarjana Muda akhirnya ditutup pada tahun 1976, sedangkan Fakultas Ekonomi yang berada di Sibolga dialihkan ke Fakultas Ekonomi USU dan untuk Fakultas Kedokteran di Tarutung akhirnya ditutup karena tidak memenuhi persyaratan.

UGN
Gambar : Universitas Graha Nusantara

Demikian juga Fakultas Ekonomi UNITA menjadi IKIP Medan Cabang Padangsidimpuan dengan SK Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor ; 184 Tahun 1965. Pada tahun 1980 keluar Peraturan Pemerintah No.5 Tahun 1980 tentang organisasi Universitas dan institute yang tidak membenarkan adanya status Cabang, maka keberadaan IKIP Medan Cabang Padangsidimpuan terancam bubar. Pada waktu itu ada tiga alternative untuk menyelamatkan IKIP Medan Padangsidimpuan  yakni :

  • IKIP Medan Cabang Padangsidimpuan akan berdiri sendiri.
  • IKIP Medan Cabang Padangsidimpuan menjadi Fakultas Ekonomi  USU.
  • Mendirikan Universitas yang lebih besar agar dapat menampung IKIP Medan Cabang Padangsidimpuan menjadi Fakultas Ekonomi .

Usaha berikutnya adalah mendirikan Universitas Graha Nusantara (UGN), pada tanggal 2 Mei 1985 yang lokasinya di Tor Simarsayang dengan 4 Fakultas (KIP, Teknik, Pertanian, Ekonomi dan Ilmu Sosial Politik).

Fakultas Teknik berdiri berdasarkan Surat Keputusan Yayasan Dharma Bakti Pendidikan Indonesia (YADPI) Padangsidimpuan Nomor : 010 / B.KEP / YADPI / V / 1985, tanggal 2 Mei 1985.

BIAYA PENDIDIKAN UNIVERSITAS SAIN GRAHA NUSANTARA

Biaya Kuliah Universitas Graha Nusantara terupdate dapat lihat di website :

https://pmb.ugn.ac.id/

atau dapat langsung datang ke Universitas Graha Nusantara (UGN) yang beralamat : Jln. Sutan Soripada Mulia, No. 17 Padangsidimpuan , Sumatera Utara 22715 Indonesia

Jika kalian tertarik ingin masuk ke Universitas Graha Nusantara (UGN) tahun ajaran 2023/2024, silakan cek informasi biaya, jadwal pendaftaran dan persyaratan mahasiswa baru di laman PMB Universitas Graha Nusantara (UGN).

Theme images by sebastian-julian. Powered by Blogger.