web counter Pendaftaran Universitas Bengkulu (UNIB) TA 2022-2023 - Biaya Kuliah TA 2024/2025
News Update
Loading...
-->

Header Ads

Pendaftaran Universitas Bengkulu (UNIB) TA 2022-2023

Pendaftaran Universitas Bengkulu (UNIB) TA 2022-2023 - Universitas Bengkulu (UNIB) didirikan berdasarkan keputusan Presiden RI Nomor 17 tahun 1982 dan diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof. Dr. Daud Yusuf. Pada saat yang sama dilantik Rektor UNIB pertama, Prof. Ir. Soenjoto Sumodihardjo (UGM) untuk masa jabatan 1982-1986. Dr. Ir. Soekotjo (UGM), yang sebelumnya menjabat Pembantu Rektor I, memimpin UNIB untuk periode 1986-1990. Untuk periode 1990-1995 Dr. Ir. Nitza Arbi (UNAND) diberi kepercayaan memimpin UNIB. Tahun 1995 sampai dengan 2005 jabatan Rektor UNIB dipegang oleh Prof. Dr. H Zulkifli Husin, S.E, M.Sc. (UNSYIAH). Sejak 2005 sampai dengan 2013 Rektor UNIB dijabat oleh Prof. Ir. Zainal Muktamar, Msc., Ph.D. Rektor ke-6 Unib dipimpin oleh Dr. Ridwan Nurazi, S.E.,M.Sc., Ak dengan masa jabatan 2013-2017 dan 2017-2021. Pada tanggal 5 Oktober 2021, Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E., M.Sc. dilantik sebagai Rektor ke-7 Universitas Bengkulu.

Keberadaan UNIB merupakan wujud nyata dari perjuangan yang tak kenal menyerah dari Gubernur Soeprapto yang mendapat dukungan penuh dari masyarakat, tokoh adat, Pemda Tk. I Bengkulu, dan perguruan tinggi swasta bernama Universitas Semarak Bengkulu (UNSEB). Dukungan universitas ini diwujudkan dalam bentuk penyerahan mahasiswa UNSEB sebagai cikal bakal UNIB beserta lahan Kampus seluas 24,9 Ha di Desa Beringin Raya Bengkulu.

Universitas Bengkulu
Gambar : Universitas Bengkulu
Kendala utama yang dihadapi pada saat proses pendirian UNIB berdasarkan hasil studi kelayakan yang dilakukan oleh Universitas Sriwijaya di antaranya yaitu tidak tersedianya tenaga edukatif, sehingga pada waktu itu disimpulkan bahwa di Bengkulu belum layak didirikan sebuah universitas negeri. Kendala tersebut akhirnya dapat diatasi setelah Gubernur Soeprato menjalin kerjasama dengan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta atas petunjuk Presiden Soeharto. Realisasi dari hasil kerjasama tersebut dikirimlah beberapa tenaga edukatif dari UGM antara lain Prof. Ir. Soenjoto Sumodihardjo, Dr. Ir. Soekotjo, Drs. Sutarto, Ir. Supratoyo dan H. Hidjazi, S.H. untuk diperbantukan di UNIB baik sebagai pejabat struktural maupun sebagai tenaga edukatif. Mereka melakukan rekruitmen tenaga edukatif dari beberapa universitas di Jawa dan Sumatera.


Baca juga : Pendaftaran Universitas Muria Kudus (UMK)


Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bengkulu

  • Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN link www.snmptn.ac.id)

SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/MA dan SMK dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, serta Portofolio Akademik dan prestasi-prestasi lainnya selama di SMA/SMK/MA/MAK yang relevan dengan program studi yang dipilih. Biaya seleksi ditanggung pemerintah, sehingga siswa pelamar tidak dikenai biaya seleksi.

Kepala Sekolah harus mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) di http://pdss.snmptn.ac.id. Setelah mengisi PDSS, masing-masing siswa akan mendapatkan password yang dapat digunakan untuk mendaftar SNMPTN di http://www.snmptn.ac.id. SNMPTN diperuntukkan bagi siswa kelas XII di SLTA Sederajad.

  • Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN link www.sbmptn.ac.id)

SBMPTN merupakan seleksi bersama yang dilakukan oleh seluruh PTN di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (PBT) atau menggunakan komputer (CBT).

  • Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Indonesia Bagian Barat (SMM PTN Barat link http://smmptnbarat.id/)

Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Indonesia Bagian Barat (SMM PTN Barat) merupakan pola seleksi mandiri yang diselenggarakan secara bersama-smaa antara 15 Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia Bagian Barat. Seleksi ini didasarkan pada ujian tulis dengan dipungut biaya pendaftaran serta tambahan Biaya Pengembangan Institusi (BPI) dan diperuntukkan bagi lulusan SLTA tahun ini, lulusan satu tahun yang lalu, dan lulusan dua tahun yang lalu.untuk mendaftar SMM PTN Barat di http://smmptnbarat.id.

  • Seleksi Penerimaan Mahasiswa Vokasi (SPM Vokasi link https://spmvokasi.unib.ac.id/)

SPM Vokasi merupakan pola seleksi mandiri yang diselenggarakan Universitas Bengkulu khusus untuk jenjang Vokasi (Diploma Tiga). Seleksi ini didasarkan pada ujian tulis dengan dipungut biaya pendaftaran serta tambahan Biaya Pengembangan Institusi (BPI) dan diperuntukkan bagi lulusan SLTA tahun ini, lulusan satu tahun yang lalu, dan lulusan dua tahun yang lalu.untuk mendaftar SPMVokasi di http://spmvokasi.unib.ac.id.

  • Seleksi Mahasiswa Non Akademik

Seleksi Mahasiswa Non Akademik merupakan pola seleksi mandiri yang diselenggarakan Universitas Bengkulu untuk jenjang Strata Satu (S-1) tanpa Test. Seleksi ini didasarkan pada nilai raport dan  prestasi tertentu dibidang olah raga, seni, budaya, agama dan bidang lainnya yang didukung dengan adanya piagam atau sertifikat yang diperoleh selama duduk di tingkat SMA/SMK atau sederajat. Seleksi ini diperuntukkan bagi lulusan SLTA tahun ini, lulusan satu tahun yang lalu, dan lulusan dua tahun yang lalu. Untuk mendaftar melalui Seleksi Mahasiswa Non Akademik, calon peserta mengirimkan pengajuan dengan melampirkan berkas-berkas yang sudah disahkan oleh Kepala DInas atau Pejabat yang berwenang

Pola penerimaan mahasiswa baru di Universitas Bengkulu tahun 2022  untuk program Sarjana (S1) dan Vokasi adalah sebagai berikut:

1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

  • Berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi lainnya.
  • Kuota: minimum 20%.

2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

  • Berdasarkan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain (yang ditetapkan bersama oleh PTN).
  • Kuota: minimum 40%

3. Seleksi Penerimaan Mahasiswa  Mandiri.

  • Dapat menggunakan nilai hasil UTBK.
  • Kuota: maksimum 30%
Jika kalian tertarik ingin masuk ke Universitas Bengkulu (UNIB) tahun ajaran 2022/2023, silakan cek informasi biaya, jadwal pendaftaran dan persyaratan mahasiswa baru di laman PMB Universitas Bengkulu (UNIB).

Theme images by sebastian-julian. Powered by Blogger.