web counter Biaya, Persyaratan dan Jadwal Pendaftaran Pesantren Baitul Arqom Ciparay Bandung - Biaya Kuliah TA 2024/2025
News Update
Loading...
-->

Header Ads

Biaya, Persyaratan dan Jadwal Pendaftaran Pesantren Baitul Arqom Ciparay Bandung

Biaya, Persyaratan dan Jadwal Pendaftaran Pesantren Baitul Arqom Ciparay Bandung - Pondok Pesantren Baitul Arqom terletak di Kampung Lembur Awi Km.9 Kecamatan Ciparay Kab. Bandung Jawa Barat. Muassis awwal (pendiri pertama) pondok adalah Hadrotus Syekh KH. Muhammad Faqih, kemudian dilanjutkan oleh pimpinan kedua oleh Syekh KH. Ubaidillah dan pimpinan dilanjutkan oleh al-Mukarrom KH. Ali Imron, setelah ia meninggal dunia maka kepemimpinan dilanjutkan oleh adiknya yang bernama al-Mukarrom KH. Yusuf Salim Faqih, LC (Lulusan Talim Masjidil Haram, Makkah dan Univ. Al-Azhar, Kairo, Mesir) sampai sekarang.

Pondok Pesantren yang dibangun tahun 1922 oleh KH Muhammad Fakih dalam rangka menegakkan amar makruf nahi munkar ini memiliki santri yang jumlahnya lebih dari seribu, yang berasal dari dalam dan luar pulau Jawa.

Santriwati
Foto : Santriwati Pondok Pesantren

Adapun sistem pendidikan/pengajian ala Arqom adalah menggunakan sistem sorogan (salafi) yang mengacu pada seluruh ilmu agama namun Pesantren Baitul Arqom dikenal dikalangan orang pesantrenan sebagai pesantren yang kelebihannya dibidang ilmu bahasa Arab dan ilmu Nahwu Sharafnya.

setiap santri/wati yang baru diperbolehkan berbicara dengan bahasa Indonesia atau Sunda atau yang lainnya selama 6 bulan pertama menetap di pondok namun setelah lebih 6 bulan setiap santri/watri (tholib dan tholibah) wajib berbicara dengan menggunakan bahasa Arab setiap hari dimana saja dan kapan saja ("yajib ala kulli tholabah an yatakallamu billugatil arabiyyah kulla yaum fi ayyi makan wa fi kulli maqoom") dan setiap tempat selalu ada jasus (mata-mata) dari utusan Kyai/Ustadz yang mengintai santri/wati yang tidak berbicara bahasa Arab dan setiap ba'da maghrib selalu ada acara penghukumannya.

Biaya Pesantren Baitul Arqom

KomponenBiaya untuk Santri BaruBiaya untuk Santriwati Baru
Biaya pendaftaranRp1.285.000Rp1.285.000
Biaya kitab penunjangRp259.000Rp259.000
Biaya perlengkapanRp1.375.000 (putra)Rp1.604.000 (putri)
TotalRp2.919.000Rp3.148.000

Biaya masuk Pesantren Baitul Arqom mengalami perubahan hampir setiap tahun sesuai kebijakan pihak ponpes. Pada 2019, biaya masuk Pesantren Baitul Arqom berkisar Rp2,5 juta. Lalu, pada 2020, biaya masuknya lebih tinggi yang meliputi biaya pendaftaran, kitab, dan perlengkapan yang ditotal untuk jenjang MTs/MA santri putra dikenai Rp2.693.000. Sedangkan untuk jenjang MTs/MA santri putri dikenai biaya Rp2.943.000.


Baca juga : Biaya Ponpes Husnul Khotimah Kuningan 2022/2023


Sementara itu, untuk jenjang STAI, dikutip dari brosur resminya beberapa tahun lalu, calon mahasiswa wajib membayar beberapa komponen biaya, seperti biaya pendaftaran, biaya orientasi mahasiswa baru dan jaket almamater, serta biaya uang pemeliharaan (termasuk SPP bulan pertama). Berikut kisaran biaya pendidikan di STAI Baitul Arqom yang dapat Anda jadikan referensi.

Biaya STAI Baitul Arqom

KomponenBiaya
Uang PendaftaranRp150.000
Orientasi Mahasiswa & Jaket AlmamaterRp500.000
Uang Pemeliharaan BulananRp500.000 (termasuk SPP bulan pertama Rp120.000)

Informasi biaya STAI Baitul Arqom di atas mengacu pada TA 2020/2021. Pasalnya, pihak institusi belum merilis data resminya, tetapi diprediksi biaya masuk STAI Baitul Arqom TA 2022/2023 tidak jauh berbeda. Layaknya lembaga pendidikan lainnya, calon santri yang ingin melanjutkan studi di pondok ini, wajib memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut.

Syarat Pendaftaran Baitul Arqom

  • Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan oleh Panitia Pendaftaran Siswa/Santri Baru.
  • Menyerahkan lima lembar fotokopi STTB atau ijazah terakhir yang telah dilegalisir oleh kepala sekolah yang bersangkutan.
  • Menyerahkan lima lembar nilai ijazah.
  • Menyerahkan dua lembar fotokopi NISN (Nomor Induk Siswa Nasional).
  • Menyerahkan dua lembar fotokopi akta kelahiran.
  • Menyerahkan dua lembar fotokopi KTP orang tua.
  • Menyerahkan dua lembar fotokopi KJS, SKTM, PKH, dan/atau kartu program sosial lainnya.
  • Menyerahkan satu lembar fotokopi rapor terakhir.
  • Membawa meterai Rp10.000.
  • Menyerahkan satu lembar surat kelakuan baik dari sekolah asal.
  • Menyerahkan lima lembar pasfoto ukuran 2 x 3 dan 3 x 4 (memakai kopiah atau kerudung).

Syarat Pendaftaran STAI Baitul Arqom

  • Memiliki ijazah SMA atau yang sederajat.
  • Menyerahkan salinan ijazah SMA atau yang sederajat sebanyak dua lembar.
  • Menyerahkan pas foto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak dua lembar.
  • Mengisi formulir pendaftaran.
  • Membayar uang pendaftaran sebesar Rp150.000.
  • Mengikuti dan lulus tes ujian masuk.

Berikut info jadwal pendaftaran terkini Pondok Pesantren Baitul Arqom.

Jadwal Pendaftaran Pondok Pesantren Baitul Arqom TA 2022/2023

Periode PendaftaranTanggal
Pendaftaran online10 Januari – 2 Juli 2022
Gelombang I10 Januari – 20 Maret 2022
Gelombang II14 Mei – 2 Juli 2022

Jika kalian tertarik ingin masuk ke Pondok Pesantren Baitul Arqom tahun ajaran 2022/2023, silakan cek informasi biaya, jadwal pendaftaran dan persyaratan mahasiswa baru di laman PMB Pondok Pesantren Baitul Arqom.
Theme images by sebastian-julian. Powered by Blogger.