web counter Cara Membuat Donat Yang Empuk - Biaya Kuliah TA 2024/2025
News Update
Loading...
-->

Header Ads

Cara Membuat Donat Yang Empuk

Cara Membuat Donat Yang Empuk - Meskipun donat sudah menjadi makanan keseharian orang Indonesia, tetap saja resep donat empuk selalu dicari-cari para penggemarnya. Dari yang berjualan di kompleks perumahan, hingga yang berjualan dengan gaya dan topping donat kekinian, kudapan enak ini selalu saja menggiurkan untuk disantap. Kalau bisa membuatnya sendiri, tentu pengalaman memasakmu akan semakin kaya! Inilah cara membuat donat yang disukai segala usia.

Donat selalu tampil sederhana dan cara membuatnya juga bisa diikuti siapa saja. Hanya saja, mungkin yang paling menantang adalah trik atau cara membuat donat empuk dan mengembang hingga proses menggorengnya. Setelah mulai percaya diri, akhirnya aku coba saja membuat donat sendiri di rumah dan hasilnya meyakinkan! Cara membuat donat yang satu ini rupanya menambah pengalamanku dalam mengolah adonan tepung dan juga kemampuan deep frying. Dua elemen penting kalau kamu ingin semakin menguasai dunia masak memasak.

Ilustrasi : Membuat Donat

Nah, selain resep donat empuk ini, kamu juga bisa mencoba beberapa resep camilan lainnya di Instagram Masak Apa Hari Ini. Selain resep, kamu bisa dapatkan inspirasi menarik lainnya seputar dunia memasak. Jangan lupa juga untuk follow dan like, ya!

Bahan

  • 450g tepung terigu protein tinggi, ayak
  • 50g susu bubuk
  • 1 bungkus ragi (11g)
  • 1 sdt Royco Kaldu Ayam
  • 150ml air
  • 75g gula pasir
  • ½sdt garam
  • 1sdt baking powder
  • 75g mentega tawar
  • 4 butir telur ayam, ambil kuningnya
  • 500ml minyak, untuk menggoreng



Cara membuat

Cara membuat donat dimulai dari membuat bumbunya.

  1. Adonan donat: Aduk air hangat, gula pasir, dan garam hingga gula larut. Sisihkan.
  2. Campur rata tepung, susu, ragi, Royco Kaldu Ayam, dan baking powder. Masukkan mentega, uleni dengan ujung jari hingga teksturnya berpasir.
  3. Lubangi bagian tengah adonan, tuangkan telur ke dalamnya. Aduk dengan tangan dan uleni ke satu arah sambil tuangkan larutan gula-garam sedikit demi sedikit. Uleni terus hingga adonan kalis.
  4. Bulatkan adonan, taruh dalam wadah, tutup dengan kain lembap. Diamkan sekitar 1 jam hingga adonan mengembang dua kali lipat.
  5. Kempiskan adonan lalu uleni kembali adonan. Ambil adonan sekitar 40 g, bulatkan. Ulangi proses serupa hingga adonan habis.
  6. Tutup adonan donat dengan kain dan biarkan selama 30 menit hingga mengembang.
  7. Goreng dalam minyak panas hingga matang dan kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
  8. Taburi dengan topping sesuai selera (gula halus dan keju cheddar parut). Sajikan.
Bagaimana hasil membuat donatnya hari ini? Tentunya akan semakin seru dari waktu ke waktu, terutama karena kita bisa mencoba dengan berbagai topping yang tentunya akan membuat seluruh keluarga semakin senang!

Theme images by sebastian-julian. Powered by Blogger.