web counter Cara Menggunakan NFC Di HP iPhone - Biaya Kuliah TA 2024/2025
News Update
Loading...
-->

Header Ads

Cara Menggunakan NFC Di HP iPhone

Cara Menggunakan NFC Di HP iPhone - Mungkin sudah banyak pengguna iPhone yang mengetahui fitur bernama Near Field Communication atau yang biasa di singkat NFC. Lalu bagaimana cara menggunakan NFC di iPhone itu sendiri?

Awal keberadaan nya, fitur NFC ini hanya bisa digunakan untuk perangkat berbasis Android kelas mid-range dan flagship saja. Namun seiring berjalan nya waktu, fitur NFC kini sudah bisa digunakan untuk iPhone.

Fitur NFC iPhone ini, bisa digunakan berkat ada nya aplikasi Mandiri Online yang beberapa hari lalu melakukan perubahan besar, dan kini sudah support digunakan untuk perangkat iPhone. Namun tetap saja, seri-seri tertentu yang ada NFC nya.

Ilustrasi : Cara Menggunakan NFC di iPhone (foto : bidangtekno.com)

Dengan hadir nya fitur NFC pada iPhone, akan memudahkan para pengguna atau nasabah bank Mandiri, untuk melakukan transaksi secara elektronik melalui perangkat yang dimiliki nya. Karna pengguna hanya perlu mengscan melalui fitur NFC.

Apa lagi pengguna nya telah mempunyai kartu e-money, dengan begitu tidak perlu repot-repot lagi pergi ke ATM untuk mengecek saldo ataupun melakukan top-up karna sudah bisa dilakukan melalui perangkat iPhone.

Apa Itu Fitur NFC Di iPhone?

NFC adalah salah satu fitur pada iPhone yang digunakan untuk melakukan pembayaran digital secara nirkontak (contactless) bisa dikatakan sama seperti pada Samsung Pay atau Apple Pay.

Sebenarnya, fitur NFC ini sudah ada dan bisa digunakan sejak munculkan iPhone 6. Namun fitur tersebut hanya bisa digunakan pada saat menggunakan layanan dari Apple Pay saja.

Ramai nya penggunaan NFC pada iPhone, memancing pihak Apple untuk terus menambahkan fitur ini pada seri selanjutnya seperti pada  iPhone 7, iPhone 8, iPhone 10, iPhone 11 pro max dan iPhone 12 pro max.

Saat menggunakan Fitur NFC akan membutuhkan dua perangkat yang masing-masing harus saling kompatibel. Satu perangkat bertindak sebagai transmitter dan satu lagi sebagai penangkap sinyal.

Terdapat dua jenis perangkat yang kompatibel dengan fitur NFC ini, yaitu perangkat pasif dan juga aktif. Perangkat pasif misalnya kartu uang elektronik, Sementara NFC aktif adalah yang bisa mengirim dan menerima data.

Lalu bagaimana cara menggunakan NFC di iPhone atau cara mengaktifkan NFC di iPhone untuk cek dan top up saldo di Mandiri online? Untuk lebih jelas nya, silahkan anda simak pembahasan nya berikut ini.

Cara Menggunakan NFC Di iPhone

Perlu pengguna tau, cara menggunakan NFC di iPhone untuk melakukan top up atau cek saldo melalui aplikasi Mandiri online, hanya support untuk pengguna iPhone yang telah menggunakan iOS 13 ke atas.

Hal tersebut berlaku, sejak ada nya pembaruan pada aplikasi Mandiri Online yang saat ini telah memasuki versi 2.3.4. Lalu untuk cara menggunakan NFC di iPhone adalah sebagai berikut:

Menggunakan NFC Di iPhone Untuk Cek Saldo E-Money

Berikut adalah langkah-langkah mengenai cara menggunakan NFC di iPhone untuk melakukan cek saldo E-Money mandiri online:

  • Buka aplikasi Mandiri Online
  • Login dengan akun yang sudah anda miliki
  • Pada halaman utama, tekan tombol e-money yang ada di bagian kanan atas.
  • Kemudian Pilih menu Lihat atau Perbarui Saldo.
  • Setelah itu tempelkan kartu e-money pada bagian belakang iPhone, tepat nya pada bagian kamera belakang.
  • Tunggu hingga proses pindai selesai.
  • Disitu anda akan melihat jumlah saldo yang dimiliki
  • Untuk memperbarui saldo, silahkan anda tekan Perbarui Saldo pada bagian bawah layar.
  • Selesai

Menggunakan NFC Di iPhone Untuk Top Up E-Money

Berikut ini langkah-langkah, cara top up e money mandiri online dengan menggunakan fitur NFC di iPhone. Sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Mandiri Online 
  • Terlebih dahulu Login ke akun Mandiri Online yang anda miliki
  • Pada halaman utama aplikasi, tekan e-money yang ada di bagian kanan atas.
  • Lalu kemudian Pilih Isi Ulang e-money.
  • Masukan detail Kartu Tujuan, lalu Jumlah saldo, dan juga deksripsi jika diperlukan.
  • Setelah itu tekan Lanjut dan lakukan Konfirmasi.
  • Setelah selesai, silahkan masuk ke menu Lihat atau Perbarui Saldo lalu pilih Perbarui Saldo untuk memastikan isi ulang yang anda lakukan telah berhasil.
  • Selesai

Theme images by sebastian-julian. Powered by Blogger.