web counter Biaya Ketok Magic Bodi Mobil Penyok - Biaya Kuliah TA 2024/2025
News Update
Loading...
-->

Header Ads

Biaya Ketok Magic Bodi Mobil Penyok

Biaya Ketok Magic Bodi Mobil Penyok - Bagi para pemilik kendaraan roda empat, pasti sudah tidak asing lagi dengan jasa ketok magic. Dengan biaya yang secara keseluruhan lebih murah jika dibandingkan bengkel repair resmi milik dealer atau APM (agen pemegang merk), bengkel ketok magic diklaim dapat membuat mobil yang sudah penyok menjadi ke bentuk semula seperti baru dalam waktu sekejap.

Apa Itu Ketok Magic?

Ketok magic sendiri bisa dikatakan sebagai jasa reparasi plat bodi kendaraan roda empat. Bengkel ini menjadi salah satu solusi termudah dan termurah untuk memperbaiki mobil yang penyok akibat bersenggolan atau mengalami kecelakaan yang parah. Biasanya, hanya membutuhkan waktu dua hingga tiga jam untuk membereskan bodi mobil yang penyok menjadi seperti semula, bergantung tingkat kerusakan.

Ilustrasi : Ketok Magic Bodi Mobil

Selain harga yang cukup bersaing dan ‘keunikan’ cara kerjanya, kata ‘magic’ yang tersemat pada layanan ini pun tidak luput dari perhatian masyarakat awam. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa kata ‘magic’ dicantumkan karena layanan ini menerima bantuan mistis atau gaib dalam reparasi bodi mobil. Tarif yang selalu dikaitkan dengan bilangan ganjil serta proses pengerjaan yang dilakukan di dalam ruangan tertutup juga membuat kesan ‘magic’ semakin terasa.

Ketok magic sendiri sebenarnya hanya berdasarkan kemampuan seseorang untuk memperbaiki bodi mobil yang penyok dengan keahliannya menggunakan alat sederhana. Perkakas seperti palu, lamak, dan teter menjadi senjata andalan dalam ketok magic. Lamak berfungsi sebagai penahan ketukan di bagian dalam atau belakang plat mobil, sedangkan teter berfungsi sebagai penahan ketukan dari depan plat mobil. Pengerjaan ketok magic terdiri dari 22 lamak dalam beragam bentuk yang disesuaikan dengan bentuk bodi mobil, dua buah teter, dan satu palu. 

Proses pengerjaan ketok magic juga sangat sederhana. Tidak ada unsur ‘sihir’ sama sekali dalam pengerjaan. Baut-baut, mur, dan bumper yang bermasalah disingkirkan dari kerangka depan mobil. Dengan hati-hati, teknisi akan memulai ‘sihir’ mereka agar kerangka bumper mobil tersebut kembali seperti sedia kala. Dengan senjata palu dan tongkat besi panjang, teknisi akan memukul-mukul ujung tongkat ke titik yang akan diperbaiki.

Jangan berpikir jika yang dipukul dengan palu adalah bagian bodi yang rusak. Ternyata, yang dipukul adalah kerangka tempat bodi yang rusak. Sederhananya, jika bagian mobil yang rusak, maka asumsi pengguna mobil pasti tertuju pada bagian yang penyok. Padahal, justru bagian kerangka yang harus diperbaiki. Bagian bodi yang penyok hanya dilas seperti biasa, didempul, lalu dicat ulang.

Hingga saat ini, seperti dilansir Good News From Indonesia, para mekanik bengkel ketok magic percaya bahwa kualitas teter dan lamak yang paling baik berasal dari Blitar. Adalah Mbah Tumirin, seorang pandai besi sejak tahun 1979, yang membuat teter dan lamak di dapurnya yang terletak di Nglegok, Blitar. Kunci utama untuk memproduksi lamak dan teter yang berkualitas terletak pada bahan baku dan kerapian bentuk. Bahan baku teter dan lamak produksi Mbah Tumirin terbuat dari besi baja bekas shockbreaker truk, sehingga menghasilkan ‘benda pamungkas’ yang kuat.

Sebelum istilah ‘ketok magic’ populer, kenteng teter merupakan nama yang lebih dikenal masyarakat untuk menyebut jasa reparasi bodi mobil ini. Keahlian kenteng teter sendiri pertama kali diperkenalkan oleh Ahmad Kalsan atau biasa dipanggil Mbah Turut oleh warga Desa Bangsri, Blitar. Sebelum menjadi ahli teter, Mbah Turut merupakan tukang patri keliling hingga suatu ketika ia dipercaya oleh seorang pelanggan untuk mereparasi mobilnya yang penyok.

Mbah Turut menerima permintaan pelanggannya dengan syarat untuk ditinggal sendiri di garasi yang tertutup, serta dengan kondisi mobil tertutup dengan terpal. Tidak butuh waktu lama, mobil itu pun selesai diperbaiki dengan kondisi mulus kembali. Dari keberhasilan Mbah Turut, tersebarlah dari desa ke desa keahlian meneter di Blitar. Mbah Turut pun memiliki murid yang membantunya dalam mereparasi kendaraan pelanggannya yang kian hari kian banyak.

Historia melansir dari majalah mobil dan motor M&M No. 15/XVII/Februari 1988, Kusmandi, pria kelahiran Blitar pada tahun 1959, merupakan murid Mbah Turut yang pertama. Ketekunan dan keuletannya saat belajar meneter pada Mbah Turut membuahkan keterampilan yang membawanya melanglang buana ke luar daerah. Di Yogyakarta tempat ia merantau, Kusmandi membuka kenteng teter bersama kawan-kawannya dan menjadi daya tarik warga Kota Gudeg untuk mereparasi bodi mobil yang penyok.

Biaya Ketok Magic

Lalu, berapa besaran biaya yang harus dibutuhkan ketika pemilik kendaraan ingin memperbaiki bodi mobil yang penyok di jasa ketok magic? Sebenarnya tidak ada tarif tetap untuk jasa ini, tergantung kebijakan masing-masing pemilik bengkel dan tingkat kerusakan mobil. Dilansir dari carmudi.co.id, perbaikan bodi mobil dengan metode ketok magic per panel dibanderol Rp300 ribu hingga Rp400 ribu. Seandainya perlu dilakukan pengecatan, maka biayanya menjadi Rp400 ribu hingga Rp600 ribu. Sementara dilansir dari kumparan, untuk memperbaiki bumper mobil depan dan belakang yang patah, Anda akan dikenakan tarif Rp300 ribu.

Tahun lalu, Bengkel Margo Mulyo yang berlokasi di Jalan Magelang, Sleman mematok biaya jasa mulai Rp200 ribuan, tergantung luasan bidang yang dikerjakan. Satu bidang kerusakan biasanya dihitung per 20 cm. Namun, apabila kerusakan bodi mobil termasuk dalam tingkat parah, biayanya bisa mencapai angka puluhan juta rupiah. Tarif yang sama diberlakukan oleh bengkel GR 2000, yang juga berada di Jalan Magelang, Sleman, yakni mulai Rp200 ribuan, tergantung luasan bidang yang harus digarap. Jika ingin melakukan pengecatan, dikenakan biaya mulai Rp500 ribuan per panel.

Sementara itu, bengkel ketok magic Doa Ibu yang berlokasi di Jalan Malaka Baru, Bekasi Barat, memasang tarif mulai Rp250 ribuan untuk jasa ketok magic jika kondisi penyok mobil terbilang ringan. Namun, biaya tersebut belum termasuk ongkos pengecatan. Adapun bengkel ketok magic Turangga di Duren Sawit, Jakarta Timur, tahun lalu mematok biaya perbaikan bodi mobil di angka Rp300 ribu sampai Rp400 ribuan per panel. Jika pelanggan ingin melakukan pengecatan ulang, biayanya bisa membengkak Rp400 ribu sampai Rp600 ribuan per panel, tergantung jenis cat yang digunakan.

Selain bengkel umum, ternyata bengkel resmi juga ada yang menyediakan layanan ketok magic. Auto2000 misalnya, saat ini sudah memiliki fasilitas ekspres ala ketok magic dengan waktu pengerjaan yang cukup singkat. Diberi nama Express Body & Paint, layanan ini dikatakan hanya membutuhkan waktu 8 jam untuk mengembalikan kondisi mobil yang catnya baret atau penyok.

Theme images by sebastian-julian. Powered by Blogger.