web counter Harga Ikan Hias Guppy AFR di Pasaran - Biaya Kuliah TA 2024/2025
News Update
Loading...
-->

Header Ads

Harga Ikan Hias Guppy AFR di Pasaran


Ikan hias memiliki daya tarik tersendiri sebagai pajangan di rumah.Ukurannya yang relatif kecil dengan gerak lincah, hingga corak warnanya yang indah tentu membuat pemiliknya terkesan.Salah satu jenis ikan hias yang banyak diminati masyarakat yaitu Guppy ARF.Warna coraknya yang beragam dengan harga terjangkau menjadi keunggulan ikan hias satu ini.

Ikan Guppy atau memiliki nama latin Poecilia reticulata merupakan ikan hias  tawar yang berukuran kecil. Guppy berasal dari Trinidad, Barbados, Guyana, Brasil, dan Asia Tenggara. Diberi nama Guppy karena berasal dari nama penemunya yakni DR. Robert Lechmere Guppy. Ikan ini dapat berkembang biak secara optimal pada suhu 25-28 derajat celsius dengan pH sekitar 7,0 dan kekerasan 20 derajat dH.

Ikan Guppy tidak bertelur, tetapi berkembang biak dengan cara melahirkan. Si induk Guppy akan mengandung selama satu bulan. Rata-rata ikan ini melahirkan 50 ekor anak ikan.Begitu lahir, ikan guppy dapat mencari makan sendiri.Ikan Guppy termasuk omnivore dengan makanannya berupa ikan-ikan kecil dan larva serangga yang menetas di air.

Perbedaan Ikan Guppy  dan Betina

Perbedaan ikan Guppy jantan dan betina dari segi warna dan ukurannya.Ikan Guppy jantan memiliki corak yang beragam dibandingkan betina yang lebih monoton pada satu warna.Sementara dari segi ukuran, ikan betina jauh lebih besar karena harus mengandung. Panjang ikan betina 4cm  sampai 6 cm, sedangkan ikan jantan hanya 2 cm sampai 3 cm saja.

Meskipun kecil, ikan Guppy termasuk ikan kanibal yang memangsa bangsanya sendiri.Apabila kehabisan makanan ikan Guppy dapat memakan teman atau anaknya sendiri.Disarankan untuk memelihara lebih dari empat ekor ikan Guppy di dalam akuarium. Tidak disarankan hanya memelihara 2 ekor karena akan saling menyerang.

Ikan Guppy memiliki beberapa jenis, meliputi Cobra, Metalik, Japan Blue, Pink White, Tuxedo, Mozaic, Grass, Leopard, AFP, hingga AFR. Nah, untuk ikan Guppy Albino Full Red (AFR) memiliki corak warna dominan merah dan terbagi dalam beberapa jenis lainnya.Bagi Anda yang berminat mengoleksi ikan Guppy AFR, berikut referensi harga ikan Guppy di pasaran

Harga Ikan Guppy AFR

Jenis Ikan Guppy AFRKisaran Harga (Rp)
Guppy AFR Jantan anakanper ekor5.000
Guppy AFR Betina (Indukan)per ekor7.000
Guppy AFR Sepasang12.000
Guppy AFR Trio (1 Jantan + 2 Betina)13.500
Guppy AFR Ribbon SWR per ekor15.000
Guppy AFR Big Dorsal (BD)1 Pasang36.000
Guppy AFR Grade Bper ekor50.000
Guppy AFR Big Dorsal Remaja per ekor85.000
Guppy AFR Big DorsalIndukan(4 bulan)per ekor150.000
Guppy AFR Grade Aper ekor250.000
Jika dibandingkan 2020 lalu, harga ikan Guppy AFR mengalami perubahan pada 2021. Misalnya, Guppy AFR Big Dorsalusia remaja per ekor yang semula dibanderol mulai harga Rp40 ribu, kini naik mencapai Rp85 ribu. Begitu pula dengan 1 ekorindukanGuppy AFR Big Dorsal warna merah pekat (4 bulan) yang naik dari harga Rp120 ribu menjadi Rp150 ribu.

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet.Harga ikan jenis Guppy AFR dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual.Anda dapat membeli ikan tersebut di toko ikan hias maupun secara online di sejumlah marketplace terpercaya.Harga yang ditawarkan bersaing, tinggal bagaimana Anda memilih toko online terbaik.

Di beberapa situs online juga ditawarkan paket ekonomis di mana Anda akan mendapatkan ikan Guppy AFR lengkap dengan akuariumnya. Harga paket akuarium mini plus ikan Guppy AFR yakni Rp105 ribuan. Dalam paket tersebut, Anda akan mendapatkan aquarium mini, ikan Guppy AFR 1 pasang, pakan, penjernih air, batu Italy, dan pohon hias. Paket tersebut dapat dijadikan pilihan bagi Anda yang baru mulai memelihara ikan Guppy jenis AFR.

Selain AFR, ikan Guppy juga memiliki varian lain yaitu AFP. Dapat dilihat dengan jelas, keduanya memiliki perbedaan dari segi warna dan bentuk.Jika ikan Guppy AFR dominan berwarna merah, sedangkan AFP berwarna .Soal harga, keduanya ditawarkan dengan harga yang tak jauh berbeda. Ikan Guppy AFP betina dijual mulai Rp5 ribu per ekor, sedangkan Guppy AFP Ribbon (Trio) Grade A+++ dijual seharga Rp150 ribu, naik dari 2020 lalu yang hanya Rp130 ribuan.

Theme images by sebastian-julian. Powered by Blogger.