web counter Biaya Setrum Aki Mobil & Motor - Biaya Kuliah TA 2024/2025
News Update
Loading...
-->

Header Ads

Biaya Setrum Aki Mobil & Motor

Fungsi aki pada suatu kendaraan, entah itu mobil dan sepeda motor memang sangat penting. Aki menunjang kebutuhan energi listrik untuk menyalakan kendaraan. Oleh sebab itu, performa dan kualitas aki perlu dipertahankan agar kendaraan Anda bisa berfungsi sebagai mana mestinya. Pada kasus tertentu, aki mungkin akan tekor (kurang setrum/tegangan turun) atau bahkan soak (benar-benar tidak bisa dipakai). Jika aki kendaraan Anda termasuk tipe yang bisa di-charge, Anda bisa datang ke bengkel untuk memakai jasa setrum aki mobil maupun motor dengan biaya yang tidak terlalu mahal.

Aki (accu) berfungsi sebagai penyimpan arus listrik dan sebagai sumber energi listrik bila ada beban listrik yang memerlukannya. Pada dasarnya jenis aki dibedakan menjadi dua macam, yaitu yang disebut aki dalam keadaan basah bermuatan dan aki dalam keadaan kering bermuatan.

Yang dimaksud dengan aki basah bermuatan adalah setelah aki tersebut selesai dirakit, diisi dengan elektrolit dan diberi muatan penuh. Aki tersebut siap digunakan setiap saat. Sedangkan, yang dimaksud aki kering bermuatan adalah sebelum dirakit, pelat-pelat positif dan negatif telah diproses (diberi muatan listrik), kemudian dikeringkan. Aki tersebut dapat segera dipakai setelah diisi dengan elektrolit tanpa memerlukan penambahan muatan listrik. Tetapi, biasanya aki tersebut memerlukan penambahan muatan listrik karena sudah disimpan terlalu lama.

Sebuah baterai tidak dapat bertahan secara terus-menerus dalam kondisi yang baik. Terlalu sering dipakai akan menjadi rusak, disimpan dalam waktu lama pun rusak. Umur baterai sangat tergantung kepada perawatan, beban listrik yang ada, dan pengisiannya kembali.

Penyebab Aki Tekor

  • Aki rusak, tanda-tandanya adalah adanya endapan putih (sedimentasi sulfat pada pelat) yang disebabkan oleh kekurangan air aki atau permukaan elektrolit terlalu rendah.
  • Sambungan atau terminal aki kendur atau kotor diselimuti kerak putih.
  • Kiprok atau regulator rusak.
  • Kunci kontak rusak.
  • Penggunaan beban berlebih.
  • Flywheel magnet rusak.
  • Spul atau coil stator terbuka atau terjadi korsleting.
  • Masalah pada kabel body.[2]

Untuk mengetahui apakah aki kendaraan Anda tekor atau sudah soak, Anda dapat menggunakan alat multi-tester atau voltmeter. Jika aki dalam kondisi normal dan sehat, maka pembacaan akan menunjukkan bahwa tegangan aki ada di sekitar angka 12 volt. Kemudian, jika masih berada di angka 10 volt ke atas, masih bisa disetrum ulang. Berbeda jika aki Anda terdeteksi memiliki tegangan di bawah 10 volt, maka lebih baik diganti saja dengan aki yang baru.

Ilustrasi : Aki Mobil

Nah, jika aki Anda dalam kondisi kurang setrum, maka solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menambah stroom aki. Proses cas atau setrum aki motor memakan waktu sekitar -5 jam, sedangkan untuk mobil prosesnya bisa lebih lama lagi, sampai satu hari satu malam jika kondisinya sudah drop. Tetapi untuk sekadar maintenance karena aki jarang dipakai biasanya hanya butuh waktu 3-4 jam juga, sama seperti setrum aki motor. Sebagai gambaran, berikut ini kisaran biaya setrum aki mobil dan aki motor.

Biaya Setrum Aki Mobil dan Motor

Jenis AkiBiaya
Standar (10 jam)Express (1 jam)
4 Ah-5.000
9 Ah-10.000
30 Ah15.00030.000
50 Ah20.00035.000
70 Ah25.00040.000
100 Ah30.00045.000 (2 jam)
120 Ah35.00050.000 (2 jam)
150 Ah40.00055.000 (3 jam)
200 Ah45.00060.000 (4 jam)

Informasi biaya setrum aki di atas diambil di salah satu toko aki yang terletak di kawasan Purwokerto. Perlu Anda ingat bahwa tarif stroom aki mobil dan aki motor dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, biaya setrum atau cas aki mobil dan motor yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda. Di bengkel lainnya, biaya setrum aki sepeda motor berkisar mulai Rp10 ribu, sedangkan charge aki mobil dikenai harga lebih mahal, yakni sekitar Rp25 ribuan.
Theme images by sebastian-julian. Powered by Blogger.